6/28/2011

Karimun Jawa (Pulau Menjangan Besar)

Pulau ini merupakan pulau yang terdekat dari pulau utama Karimunjawa, hanya membutuhkan 5-10 menit dari pelabuhan rakyat. Tidak seperti pulau lain yang menyuguhkan keindahan pantainya untuk menarik pengunjung, pulau ini tampil beda dengan adanya penangkaran hiu, dan merupakan pulau yang wajib di kunjungi jika berlibur di kepulauan Karimunjawa. 




'Berenang bersama hiu' pasti yang terpikirkan oleh manusia normal adalah sesuatu yang mengerikan, mengingat ikan ini merupakan salah satu predator yang paling buas di laut. Tapi tenang, hiu yang ada di pulau ini merupakan hiu balita hasil tangkapan para nelayan, yang apabila besar nanti akan kembali dilepas ke laut. 

Nikmati sensasi tersendiri serunya berenang bersama hiu, selain itu ditempat ini kita juga bisa menemukan penyu, bintang laut, anemon dengan nemonya  serta ikan-ikan lain. 

Selain penangkaran hiu di pulau ini juga merupakan tempat pengembangbiakan penyu yang dilakukan oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa, untuk menghindari spesies ini dari kepunahan. Kita bisa mengunjunginya, jika beruntung  kita bisa melihat  langsung telur yang menetas dan ikut melepasnya ke laut.



Datang dan buktikan sendiri di gugusan kepulauan yang menyajikan keindahan alami ini, the one and only... Karimunjawa !