10/20/2012

Gunung Bromo

Rencana ke Bromo hampir aja gagal gara" gw dan teman" dari BPI bimbang diantara dua pilihan "rafting di Pekalen atas atau Bromo. Ya mestinya dua"nya sih bisa disambangi, asalkan kita berangkat jauh lebih pagi dari pulau Sempu. Technical meeting dadakan yang diadakan di sebuah rumah makan akhirnya membuahkan keputusan "Bromo". Sesuai harapan... tujuan utama gw bela"in cuti tuh ya demi bisa ke Bromo, masalah destinasi lainnya (Pulau Sempu & Pekalen) itu cuma bonus ajaa...hehe.

Jam 23.00 rombongan berangkat menuju Probolinggo. Sekitar jam 02.00 sampai di Cemoro Lawang, sebagian besar teman" istirahat, dan sisanya "Rere n Yunce" sibuk mencari dan tawar menawar Jeep atau mobil bak terbuka yang nantinya akan kita gunakan untuk menuju Penanjakan dan Bromo. Di lokasi ini banyak banget pedagang yang menjajakan dagangannya, "mas, kupluknya mas... sarung tangan...kaos kaki mas...

Sekitar jam 02.30 rombongan berangkat menuju Penanjakan dengan sebuah mobil bak sewaan seharga Rp.275.000,-. Disini serunya, posisi duduk mpet-mpetan yang gak jelas, kedinginan, kondisi jalan yang ajlut-ajlutan, memberikan satu pengalaman baru yang susah dilupakan, hehe... klo kata para backpacker bule sih "It's not about the destination, but the journey" *prettt !!!

Sampai di Penanjakan, mobil di parkir, dan pak supir stand by menunggu rombongan sampai selesai menikmati sun rise. N bener aja yang dibilang sama kang dagang tadi, dinginnnnn bangettttt johnnn...errrrr. Baru nyampe sini aja gw udah 2 kali ke toilet, bawaannya bentar" pengen pipies.

Nah untuk bisa melihat sun rise, kita mesti sedikit usaha, jalan dengan kondisi menanjak sekitar 100 meter ke tempat "pemantauan" sun rise yang telah disediakan. Pemandangannya sangat-sangat nggak gw harapkan, nih tempat benar" penuh, sampai" mau cari tempat duduk aja susah apalagi mau cari spot untuk ngambil momen sun rise. Dari pagar sebelah kiri sampai kanan isinye kepale semue *mandi kipeee, klo gini gimana gw bisa liat sun rise? yang gw liat cuma pagar manusia...cuapedeh!

Setelah puas melihat sun rise, gw dan rombongan meninggalkan Penanjakan dan melanjutkan perjalanan menuju Bromo. Waktu tempuh kurang lebih 30 menit, dengan kondisi jalan yang cukup extreme (turunan curam & kondisi jalan berbatu), tapi dengan pengalaman pak supir yang hampir setiap hari melintasi jalan ini, gw dan teman" jadi gak terlalu khawatir. Sepanjang perjalan menuju Bromo, pemandangannya luar biasa john... pohon, bukit, savana, gunung Batok, gunung Semeru, wahh pokoknya ajib banget dah!

Ok, kita sampai di pelataran Bromo. Mobil bak yang di tumpangi tadi beserta Jeep-jeep sewaan lainnya pun berhenti. Nah disini kita tinggal pilih deh, mau melanjutkan dengan jalan kaki atau naik kuda sewaan (Rp.100.000,- pp, tergantung nego). Gw sendiri pilih jalan kaki, coz kapan lagi bisa menikmati pijatan pasir halus dan aroma kotoran kuda disepanjang jalan... *awas ranjau!

Dari point ini ke puncak Bromo jaraknya kurang lebih 1,5 Km, yaa lumayan lah itung" olahraga pagi. Di sebelah kiri jalur terdapat bangunan pura, tapi sayang gerbangnya di kunci dan gw gak bisa masuk ke dalamnya.

Nah ini dia 198 anak tangga (*emaknya gak ngikut program KB) yang mesti dilalui untuk bisa naik ke puncak Bromo (2.392 mdpl) dan melihat langsung kawah yang berada di bagian tengahnya.

Suhu di pagi hari berkisar 15 derajat celcius, tidak sedingin seperti suhu di Penanjakan malam tadi. Di puncak Bromo ini pemandangannya luar biasa indah John... keren abis deh pokoknya, bisa lihat gunung-gunung sekitarnya seperti gunung Batok, Kursi, Watengan, Widodaren, dan Semeru.

Jujur gw belum cukup puas menikmati keindahan alam kawasan Bromo ini, tapi apa mau dikata, waktu berbicara "woi ganteng, pulang woiii, tar ketinggalan kereta lo!" hehe...

Yah mo gimana lagi... selama masih jadi karyawan, selama-lamanya cuti ya cuma 12 hari/pertahun, itupun juga mesti ngatur strategi dari jauh-jauh hari. Gw belum mengunjungi bukit Teletubbies, air terjun Madakaripura, belum ngerasain nginep dirumah suku Tengger, belum ngerasain kopi khas Tengger, dll...........aaaaaghhh!!!

Yasudahlah, kesimpulan dari perjalanan kali ini "MISSION UNCOMPLETE" mesti dilanjutkan di lain waktu, hukumnya wajibbb!!!